Badan Litbang Palangka Raya Terima 139 Judul Kajian

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya mengadakan rapat koordinasi daerah (Rakorda) kelitbangan yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Palampang Tarung, Kamis (30/11/2017).

Acara Rakorda yang dibuka oleh Walikota Palangka Raya Riban Satia ini ikuti oleh kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), sekretaris SOPD, camat, sekretaris camat, kasubag perencanaan evaluasi keuangan dan aset kecamatan.

Dalam Rakorda ini juga dihadiri dewan riset daerah dan para peneliti dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kota Palangka Raya, sedangkan nara sumber dihadirkan dari Litbang Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

Tujuan diadakan Rakorda ini dalam rangka konsolidasi dan sinergitas program kelitbangan dan pemanfaatan potensi berbasis kearifan lokal serta mewujudkan lembaga kelitbangan untuk menselaraskan kebijakan pemerintah daerah.

Adapun tema Rakorda kelitbangan tahun ini adalah “peran strategis penelitian dan pengembangan Kota Palangka Raya dalam perumusan kebijakan pembangunan daerah melalui pendekatan kegiatan penelitian dan pengembangan”.

Dalam sambutannya Kepala Badan Litbang Kota Palangka Raya, Barit Rayanto mengatakan sesuai UU Nomor 18 Tahun 2002, maka untuk merumuskan kebijakan strategis pemerintah daerah harus mendapatkan masukan dan padangan dari unsur kelembagaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Karena itu sebelum Rakorda digelar Badan Litbang Kota Palangka Raya sudah meminta kepada seluruh SOPD untuk menyampaikan judul kajian, termasuk dari perguruan tinggi dan peneliti mandiri. Hasilnya terkumpul 139 judul kajian.

Namun dari lebih 30 SOPD lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya hanya enam SOPD yang menyampaikan judul dengan jumlah sekitar 20 judul kajian. Nantinya usulan judul kajian ini akan dibahas melalui sidang komisi.

“Dari sidang komisi inilah bisa dimasukan ke dalam agenda kajian di tahun anggaran 2018 dan diharapkan para SODP yang usulkan judul kajian secara aktif ikut membahasan disidang komisi,” pesan Barit mengakhiri sambutan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan