Badan Litbang Mulai Budidayakan Kantong Semar Jenis Nephentes Ampullaria

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Gerak cepat dilakukan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya, Barit Rayanto bersama jajarannya untuk melakukan identifikasi jenis-jenis kantong semar.

Pasca mengikuti Palangka Raya Fair 5-9 Agustus 2017 lalu, Kaban Litbang bersama stafnya langsung masuk hutan di wilayah Kecamatan Bukit Batu untuk mencari tanaman kantong semar yang merupakan tumbuhan endemik Kalimantan ini.

Ternyata apa yang dilakukan Kaban Litbang ini tidak sia-sia. Dia bersama stafnya berhasil menemukan tanaman kantong semar jenis Nephentes Ampullaria. Tumbuhan ini banyak ditemukan di bawah pohon dengan posisi bergerombol.

Warnanya unik. Daunnya berwarna hijau kemerahan, sedangkan kantongnya yang memiliki mahkota indah juga berwarna merah hijau. Kantong semar ini sangat mudah tumbuh di tanah.

Kaban Litbang Kota Palangka Raya, Barit Rayanto melalui Sekretarisnya Seth Ajang menjelaskan kantong semar yang diperoleh ini kemudian dibawa ke kantornya untuk kemudian dibudidayakan.

Pembudiyaan kantong semar ini merupakan awal dari rencana instansinya yang akan menjadikan tumbuhan endemik Kalimantan ini dijadikan bahan penelitian pada 2018.

Badan Litbang ditargetkan bisa menjadikan kantong semar ini sebagai ikon Kota Cantik Palangka Raya sesuai saran walikota. Jadi mulai sekarang Badan Litbang diminta untuk mengidentifikasi ada berapa jenis kantong semar di bumi Kalimantan ini.

Target lainnya, dalam tahun ini Badan Litbang akan membuat model kain batik bercorak kantong semar. Diharapkan dengan model batik baru ini kain batik khas Kalimantan, khususnya Kota Palangka Raya akan lebih terkenal di pasar lokal, nasional dan internasional. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan