Awal 2018 BOS Nyaru Menteng Lepas Empat Orangutan ke Hutan Lindung

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Yayasan BOS Nyaru Menteng Palangka Raya kembali melepasliarkan empat orangutan. Pelepasliaran ini merupakan yang pertama di tahun 2018.

Ke-4 orangutan ini dilepas dalam satu kali pemberangkatan tanggal 10 Januari 2018.

Pelepasliaran Orangutan ke kawasan Hutan Lindung Bukit Batikap, Kabupaten Murung Raya. Sejak 2012, BOS Nyaru Menteng telah 20 kali melepasliarkan orangutan.

Rinciannya 13 Kali di kawasan Hutan Lindung Bukit Batikap, Kabupaten Murung Raya dan 7 Kali di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan

Humas BOS Nyaru Menteng Palangka Raya, Monterado Fridman mengatakan release ke-21 ini menjadi pelepasliaran ke-8 di TNBBBR dan 175 individu orangutan ke Hutan Lindung Batikap dan 71 ke TNBBBR.

“Hingga awal 2018 ini BOS Foundation telah melepasliarkan 326 individu orangutan ke hutan alami. Sebanyak 246 orangutan dari Nyaru Menteng Kalimantan Tengah dan 80 orangutan dari Samboja Lestari Kalimantan Timur,” kata Monterado, Rabu (10/1/2017).

Adapun pelepasliaran orangutan dari BOS Nyaru Menteng ke-21 kali ini adalah 2 betina dan 2 jantan. Orangutan tertua berusia 15 tahun bernama Pong dan Rutan.

Sedangkan orangutan termuda yang dilepasliarkan kali ini berusia 13 tahun bernama Jaka. Di TNBBBR hingga saat ini telah dilepasliarkan 71 individu orangutan ditambahkan 4 orangutan pelepasliaran kali ini maka jumlah orangutan di TNBBBR dari Nyaru Menteng akan menjadi 75 individu orangutan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan