Avina : Kembangkan Inovasi Dan Variasi Kerajinan Anyaman Purun

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Purun yang merupakan salah satu tanaman tumbuh liar di dekat air atau rawa gambut banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan seperti tikar, tas, dompet, sandal, dan lain-lain.

Kerajinan dengan bahan dasar purun ini hampir tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Untuk itu perlu dikembangkan terus keberadaanya dan sumber daya manusia para perajinnya.

Melihat dari pada hal tersebut, sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi perajin anyaman Purun, Dekranasda Kota Palangka Raya menyelenggarakan Pelatihan Inovasi Kerajinan Purun di Hotel Dandang Tingang, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Ketua Dekranasda Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin. Dalam sambutannya Avina menyampaikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mengembangkan inovasi anyaman purun guna mendorong penambahan penghasilan bagi para perajin.

Adapun Pelatihan Inovasi Kerajian Purun ini diadakan selama 4 (empat) hari dengan materi pelatihan meliputi, pengenalan alat dan bahan, praktik membuat inovasi, foto produk, hingga pembuatan marketplace,” ucap Avina.

Sementara itu narasumber yang ditunjuk pada pelatihan ini berasal dari Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Banjarmasin.

Menutup sambutannya, Avina berpesan agar para perajin terus mengembangkan inovasi kerajinan yang ditekuni hingga menghasilkan variasi yang lebih beranekaragam, dan mampu berdaya saing hingga banyak diminati oleh masyarakat. (MC. Isen Mulang/nur/nd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *