Atasi Learning Loss Dengan KIPERS

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pada Senin, (11/7/2022), Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya meluncurkan Klinik Peduli Literasi Sekolah (KIPERS) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Percobaan Jl Damang Leman, Palangka Raya.

Adapun acara peluncuran KIPERS itu dihadiri langsung Plt Kepala Disdik Kota Palangka Raya, Jayani dan jajarannya, Kepala SDN Percobaan beserta pendidik dan tenaga kependidikan, Ketua Komite Sekolah SDN Percobaan, serta orang tua wali murid SDN Percobaan.

Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang pembinaan SD pada Disdik Kota Palangka Raya, Era Wahyuningsih, menjelaskan, KIPERS tersebut merupakan inovasi yang diinisiasi oleh Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang pembinaan SD.

“Klinik Peduli Literasi sekolah ini merupakan wadah bagi pendidik di jenjang Sekolah Dasar untuk bisa segera membenahi ketertinggalan kemampuan dasar literasi anak didiknya,”katanya, usai acara peluncuran KIPERS itu

Era menambahkan, layanan KIPERS dalam implementasinya lebih mendorong satuan pendidikan untuk memberikan bimbingan khusus bagi peserta didiknya, yang dirasa tertinggal dalam kemampuan dasar literasinya di luar jam pembelajaran.

Selain itu, satuan pendidikan juga bisa membuka layanan konsultasi orang tua wali murid terkait permasalahan yang dialami oleh putra putrinya terkait kemampuan literasi numerasi mereka.

“Penerapan KIPERS di jenjang sekolah dasar akan dilaksanakan secara bertahap, dengan mempertimbangkan kesiapan masing-masing satuan pendidikan,” bebernya

Era menyebutkan, untuk pelaksanaan awal maka KIPERS ini dibentuk di 3 sekolah yang menjadi pilot project, yaitu SDN Percobaan, SDN 9 Menteng dan SDN 11 Langkai.

Dengan adanya KIPERS ini kata dia, nantinya akan meningkatkan kemampuan literasi peserta didik melalui pembenahan kemampuan dasar literasinya, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Palangka Raya sebagaimaba Visi Misi Walikota Palangka Raya.

“Tahun 2023 ditargetkan semua satuan pendidikan jenjang SD sudah mempunyai layanan KIPERS ini,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *