Atasi Karhutla, BPBD Palangka Raya Buat “Embong”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dalam beberapa hari terakhir ini, personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya bersama dengan personil tim satgas kebakaran hutan dan lahan (karhutla), terus berupaya melakukan pemadaman darat, khususnya diarea lahan komplek Universitas Palangka Raya, tepatnya di Jalan Bukit Keminting II, yang hingga kini area lahan gambutnya masih mengeluarkan kepulan asap.

Di lapangan tampak terlihat para personil gabungan yang dipimpin langsung Kepala BPBD Kota Palangka Raya Sihang, terus berjibaku memadamkan api di lahan yang terbakar tersebut.

“Selain mengerahkan peralatan pemadam yang ada, para personil gabungan juga membuat embong sebagai tempat stok air, mengingat kendala yang ditemui di lapangan yakni sumber air sangat jauh dari lokasi Karhutla,” ungkap Sihang, Rabu (3/9/2018).

Dijelaskan, embong yang dibuat tersebut didirikan dekat dengan lokasi kebakaran, kemudian pada embong diisi penuh air yang selanjutnya dimanfaatkan untuk disemprotkan kelokasi kebakaran dari peralatan pemadam.

“Api yang yang membakar lahan di kawasan perguruan tinggi negeri di Palangka Raya ini, sudah beberapa hari terakhir belum bisa teratasi. Makanya hari ini kita coba memblokir menyebarnya api dari arah berlawanan,” tambah Sihang lagi.

Upaya pemblokiran tersebut kata dia, tidak lain untuk mematikan api agar tidak merembet ke lahan lain, sambil melakukan proses pemadaman serta pendinginan.

“Hingga saat ini para personil gabungan terus melakukan upaya pemadaman area lahan yang terbakar itu,” tutur Sihang. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan