ASN Kesehatan Dibekali Ilmu Kepanduan Pramuka

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan pada Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mengadakan kegiatan orientasi dan pembekalan dasar kepramukaan bagi pengurus Saka Bakti Husada, Rabu (21/3/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kalimantan Tengah ini diikuti oleh para aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di pelayanan kesehatan seperti klinik dan puskesmas.

Dalam pelatihan ini para ASN kesehatan dibekali dasar-dasar kepramukaan, sehingga saat bekerja bisa mendarmabaktikan darmanya kepada masyarakat. Di antaranya taat kepada Tuhan YME, cinta alam, dan kasih kepada sesama manusia.

Selain itu seorang ASN juga harus bisa berjiwa sebagai Pramuka yang memiliki jiwa displin, berani, dan setia, bertanggungjawab dan bisa dipercaya, suci dalam pikiran dalam perkataan dan perbuataan. 

Ketua Kwarcab Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio diwakili oleh Aratuni Djaban mengharapkan dengan diberikannya dasar-dasar kepramukaan tersebut maka ASN kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa lebih berkualitas lagi.

“Kenapa mereka diberikan pelatihan dasar agar pelayanan kesehatan bisa terintegrasi dengan kegiatan Pramuka. Jadi mereka harus tahu dasar-dasar Pramuka seperti Tri Darma, Dasa Darma, dan Tri Satya. Itu semua untuk mendarmabaktikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Aratuni menjelaskan Pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda bidang kepanduan. Hampir semua lini kehidupan terintegrasi dengan Pramuka. Misalnya dinas kesehatan membentuk Bakti Husada, BKKBN membentuk Saka Kencana, dan lainnya.

Khusus Saka Bakti Husada ini adalah sebuah satuan kerja bidang Pramuka yang berorientasi pada pelayanan kesehatan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan