ASN Kelurahan Petuk Katimpun Ciptakan Produk Kreatif

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ide kreativitas Arisa Swastajaya patut diapresiasi. Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kantor Kelurahan Petuk Katimpun ini memiliki ide kreatif dalam menciptakan produk usaha kecil dan menengah (UKM) bagi masyarakat.

Dia mampu membuat produk murah, namun berkualitas. Arisa mencoba membuat lima produk dalam rangka memenuhi tugas belajar diklat kepemimpinan (diklatpim) IV.

Ke-5 produk yang dia buat adalah miniatur rumah betang, jam meja, sablon kaos, bunga sabun, dan gantungan kunci. Dari 5 produk ini yang perlu biaya murah hanya miniatur rumah betang dan gantungan kunci.

Bahan miniatur rumah betang cukup melimpah, karena bahannya bisa diperoleh dari limbah kayu. Begitu pula bahan untuk gantungan kunci bisa diperoleh dengan mencari ranting pohon mahoni.

Sementara itu untuk produk kaos bahannya harus dibeli dari Jawa, setelah itu baru disablon dengan motif khas Dayak Kalimantan Tengah seperti batang garing dan burung tingang.

“Sedangkan untuk produk bunga sabun, semua bahannya dari sabun, kecuali pohon dan rantingnya terbuat dari kawat, kemudian dibalut dengan sabun,” tutur Arisa, Jumat (29/6/2018).

Selain berkreasi sendiri, dalam Diklatpim IV ini Arisa Swastajaya juga melatih 15 muda-mudi warga Kelurahan Petuk Katimpun. Diharapkan dengan diberikannya pelatihan ini mereka nanti bisa mendirikan UMKM dengan produk-produk yang sudah diajari tersebut. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan