ASN Balitbang Kenalkan Pelestarian Alam Kepada Murid SD

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio bersama istri secara simbolis didaulat untuk melakukan penanaman pohon di halaman SDN 4 Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Sabtu (4/11/2017).
 
Acara penanaman pohon dan pengenalan sistem biopori yang dirangkai dengan pemberian susu gratis kepada murid SD ini merupakan gagasan Diana Fransiska, Kasubag Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup pada Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kota Palangka Raya untuk melengkapi Diklatpim IV.
 
Adapan jenis bibit pohon yang ditanam adalah langsat, sawo kecik, dan rambutan. Dalam program penghijauan ini Diana Fransiska mengenalkan sistem biopori untuk 10 bibit pohon yang baru ditanam di halaman SDN 4 Bukit Tunggal.
 
Sistem ini menurut Diana sangat membantu dalam mempercepat resapan air ke dalam tanah. Metode biopori ini dimaksudkan untuk mengatasi genangan air yang selalu membanjiri halaman sekolah. Sebab sesaat setelah diguyur hujan, halaman sekolah yang terletak di Jalan Tenggiri ini selalu kebanjiran.
 
Aksi nyata ‘Gerak Sadar’ penanaman pohon dan pengenalan sistem biopori oleh Diana ini pun disambut positif oleh Kepala SDN 4 Bukit Tunggal, Nurahmawatie. Ia hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya yang telah peduli dengan lingkungan sekolahnya.
 
Sementara itu Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio mengatakan meski manfaat dari aksi penanaman pohon ini baru bisa dirasakan 5-10 tahun ke depan, namun dia aksi penghijauan seperti ini hendaknya bisa ditiru oleh sekolah lainnya.
 
Diharapkan dengan adanya program penghijauan seperti ini membuat halaman sekolah menjadi rindang dan teduh, sehingga tidak terlihat gersang. (*engga)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan