Asistensi Antisipasi Konflik Sosial pada Pilkada Digelar di Polres Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kegiatan Asistensi Operasi Mantap Praja 2018 dalam rangka antisipasi terjadinya konflik sosial pada pengamanan Pilkada 2018 digelar di Aula Yusuf Sunganda, Polres Palangka Raya, Senin (29/1/2018).

Kegiatan ini menghadirkan Tim Asistensi dari Mabes Polri dipimpin Brigadir Jenderal Sadono Budi Nugroho yang memberikan arahan. Kegiatan ini juga diikuti Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar, Kapolres Katingan AKBP Ivan Adityas Nugraha, dan Kapolres Gunung Mas AKBP Yudi.

Selain itu ada pula Dandim 1016 Palangka Raya Letkol Czi Candra Adibrata, Ketua Panwaslu Kota Palangka Raya Endrawati, Ketua KPU Kota Palangka Raya Eko Riadi, dan para pejabat lainnya.

“Kami siap menerima asistensi bimbingan supaya dapat mengantisipasi terjadinya konflik sosial,” kata Kapolres AKBP Timbul Rein Krisman Siregar dalam sambutannya.

Sementara itu Sadono mengatakan kehadirannya di Palangka Raya untuk memberikan asistensi, bantuan pemikiran mengenai hal yang perlu diantisipasi pada Pilkada serentak 2018.

Keberadaannya di Kalimantan Tengah minimal sampai gelaran Pilkada serentak 27 Juli 2018 selesai. Ini juga merupakan perintah Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Membacakan amanat Kapolri, Sadono mengatakan bahwa kapolda harus mengoptimalkan kekuatan TNI untuk membantu melakukan pengamanan Pilkada serentak 2018.

Dia menuturkan kegiatan asistensi dilakukan untuk meninjau langsung kesiapan Polri dalam menghadapi Pilkada. Ada 171 daerah di Indonesia yang menggelar Pilkada 2018, terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten.

“Oleh sebab itu saya menginstruksikan seluruh kapolda untuk mengoptimalkan kekuatan TNI di wilayah masing-masing. Jangan berharap besar bantuan dari Polda lain maupun backup dari mabes karena semua juga sibuk melakukan pengamanan,” pesannya sembari menambahkan TNI – Polri harus netral. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan