Apresiasi Layanan Si-Gatur Dishub Palangka Raya

 

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo menyampaikan rasa apresiasinya kepada Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, terutama yang sejauh ini telah melaksanakan dengan baik program layanan Sistem Penjagaan dan Pengaturan Lalu Lintas Gratis atau
Si-GaTuR.

“Kami sangat mengapresiasi penerapan layanan Si-GaTuR ini. Seperti pada saat pernikahan keluarga kami, terlihat petugas Dishub sudah mengatur lalu lintas dengan baik. Terima kasih Wali Kota dan Kadishub yang telah mengimplementasi secara nyata pelayanan publik ini,”ucap Sigit, Minggu (26/6/2022).

Dikatakan, layanan Si-GaTuR ini diketahui diberikan petugas .Dishub berupa penjagaan dan pengaturan lalu lintas rutin. Seperti pada jalan protokol atau jalan Induk dan persimpangan. Selain itu layanan Si-GaTuR diberikab pula pada pengaturan lalu lintas dan pengawalan kegiatan masyarakat yang diberikan secara gratis.

“Tentu layanan seperti ini sangat membantu masyarakat. Tidak hanya dalam tertib berlalu lintas, disisi lain membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan yang memerlukan dukungan pengaturan lalu lintas,”ucap Sigit

Sebelumnya diketahui Dishub Palangka Raya mempunyai program inovasi yang dinamakan Sistem Layanan Citra Perhubungan (si-LaNciP). Program si-LaNciP meliputi beberapa jenis layanan program inovasi pelayanan yang ada pada sektor perhubungan.

Layanan tersebut terdiri atas Si- BUE (Sistem Bukti Uji Elektronik KIR) yang merupakan aplikasi SIM PKB, Integritas Sistem, Penggunaan Smart Card yang lebih praktis, efisien, dan aman.

Kemudian, Si-GaTuR (Sistem Penjagaan dan Pengaturan Lalu Lintas GRATIS), layanan penjagaan dan pengaturan (Gatur) lalu lintas rutin pada jalan induk dan persimpangan jalan serta pengaturan lalu lintas dan pengawalan kegiatan masyarakat gratis.

Si-TaKiR (Penataan Parkir), layanan penataan, pengawasan, dan pengendalian parkir untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) pada bidang retribusi parkir. Si-WasPeL (Pengawasan Pelabuhan) layanan untuk memastikan keselamatan pelayaran sungai dan danau.

Trans-CanTiK (Pelayanan Bus Rapid Transit/BRT GRATIS), pelayanan Bus Rapid Transit (BRT) gratis, yang melayani masyarakat dalam trayek yang sudah tersedia untuk membantu masyarakat dalam mengurus PBB, dokumen kependudukan, dan layanan lainnya.

IstiaDaT (e-Angkutan dalam Trayek) yang merupakan layanan e-form informasi yang meliputi ijin usaha angkutan, rekomendasi ijin trayek, kartu pengawasan, izin nsidentil, informasi rute angkutan kota, dan informasi angkutan bandara.

Kemudian layanan Si-AcEP (Unit Reaksi Cepat) yang merupakan layanan pengawasan dan pengendalian fasilitas keselamatan jalan seperti traffic light, rambu lalu lintas. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *