Apresiasi Bantuan Perbankan Kepada Petani Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Kalteng, Sugianor, memberikan apresiasinya kepada pihak-perbankan, yang turut berpartisipasi dalam mendukung program pertanian maupun ketahanan pangan di Kota Palangka Raya

Menurutnya, dukungan dari berbagai pihak dalam  pengembangan pertanian sangat diperlukan para petani maupun pekebun.

“Seperti bantuan pembangunan rumah pembibitan yang dilakukan pihak Bank Indonesia (BI) Cabang Kalteng pada sejumlah kelompok pertanian di Palangka Raya, tentu sangat berarti,” ungkapnya, Jum’at (14/9/2018)..

Sugianor mengatakan, dukungan dari banyak pihak, setidaknya dapat menjadi solusi terbaik bagi para penggiat pertanian untuk lebih memajukan bidang usaha bertaninya.

Memang selama ini, pemerintah daerah tidaklah kurang dalam melaksanakan program bantuan bagi para kalangan petani pada bidang pertanian ataupun perkebunan. Baik berupa bantuan bibit, pupuk secara gratis kepada para petani. Namun dukungan dalam hal pengembangan secara lebih maksimal masih sangat diharapkan.

Sugianor menyebutkan, untuk Kota Palangka Raya setidaknya ada dua wilayah kecamatan yang berpotensi dalam hal pengembangan pertanian maupun perkebunan. Baik komoditas padi, cabai, sayur mayur dan buah-buahan yang bisa menjadi komoditas unggulan.

“Kecamatan Sebangau tepatnya di Kelurahan Kalampangan, serta Kecamatan Bukit Batu terutama di kawasan Tangkiling, memiliki potensi dalam mengembangkan pertanian dan perkebunan”

Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu, Bank Indonesia (BI) Cabang Kalteng melakukan program sosialnya kepada para petani yang ada di Kelurahan Kalampangan, dengan membangun rumah pembibitan dan pembuatan pupuk alami (kompos). Hal itu dilakukan untuk peningkatan hasil pertanian guna pemenuhan kebutuhan pasar di Palangka Raya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan