Aplikasi “Forweb Mobdam Terobosan Baru Damkar Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, Kamis (5/7/2018), melakukan peluncuran aplikasi “Forweb Mobdam, yakni merupakan terobosan baru dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palangka Raya, dalam hal respon cepat apabila terjadi sesuatu musibah kebakaran dan lainnya.

Dalam kesempatan itu Mofit  mengatakan, dengan diluncurkannya aplikasi forweb mobdam ini, diharapkan masyarakat dapat menggunakannya dengan efektif dan aktif untuk melaporkan apabila ada kejadian atau musibah apapun .

“Damkar ini adalah dinas yang setara dengan aparat keamanan termasuk ikut menyelamatkan nyawa manusia, seperti apabila terjadinya kebakaran di titik kota ini,” ungkap Mofit usai peluncuran aplikasi tersebut di halaman kantor Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Palangka Raya Anwar Sanusi Umanur Gayo mengatakan, kalau dulu apabila terjadi kebakaran di kota ini, menghubungi pihak damkar masih menggunakan telepon biasa saja, namun dengan teknologi yang sudah semakin canggih dan maju maka pihaknyapun menggunakan aplikasi website untuk menerima panggilan dari masyarakat jika terjadi kebakaran atau kejadian.

“Melalui aplikasi ini maka masyarakat dapat dengan segera menghubungi pihak damkar, dengan smartphone yang dimiliki, cukup mengklik alamat dalam aplikasi. Personil akan merespon cepat apabila terjadi kejadian atau musibah kebakaran,”jelasnya.

Diungkapkan, dengan adanya laporan masyarakat melalui aplikasi website itu, maka markas utama Damkar akan menyampaikan kepada unit-unit kecil seperti BPK, atau balakar untuk ke lokasi terjadinya kebakaran yang dilaporkan warga.

“Kita akan distribusikan unit pemadaman api yang terdekat dengan wilayah terjadinya kebakaran tersebut. Sehingga respon cepat untuk memadamkan api dapat dilakukan,”sebutnya.

Disampaikan,  penggunaan aplikasi ini sangat sederhana cukup mengklik Play Store di Handphone Android, klik Forweb Mobdam lalu instal. Dan di sana ada tersedia beberapa menu pilihan yang dapat digunakan dan diakses masyarakat.”Diaplikasi tersebut, terdapat menu pilihan dengan sajian informasi yang diinginkan oleh masyarakat itu sendiri mengenai dinas damkar,” tambahnya.

Disebutkan Anwar, adanya aplikasi tersebut adalah merupakan prakarsa proyek perubahan dari Changli yang merupakan salah ASN yang bertugas pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangka Raya sebagai prasyarat ikut Dillklatpim IV. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan