Apeksi Regional Kalimantan Bahas Peningkatan Investasi Daerah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Rapat Kerja Daerah Komisariat Wilayah V Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan diadakan di Hotel Aquarius, Kota Palangka Raya, Rabu (10/10/2018).

Rakerwil ke-9 ini mengambil tema Strategi Peningkatan Investasi di Provinsi Kalimantan Tengah Berdasarkan Potensi Daerah. Rakerwil ini diikuti oleh sembilan walikota yakni dari Kota Palangka Raya dan Kota Banjarmasin.

Kemudian Kota Banjarbaru, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Bontang, Kota Tarakan, Kota Pontianak, dan Kota Singkawang. Dari 9 kota ini hanya dari Banjarmasin dan Samarinda yang dihadiri oleh walikota, sedangkan lainnya diwakilkan.

Pembahasan strategi peningkatan investasi ini juga dihadiri Manajer Kerjasama Antar Daerah Apeksi, Sukarno mewakili Ketua Apeksi. Dalam sambutannya Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan tema Apeksi tersebut merupakan salah satu isu strategis yang sedang berkembang saat ini.

Sebab investasi merupakan komponen penting dalam pembangunan ekonomi. Untuk itu dibutuhkan strategi peningkatan, sehingga diharapkan bisa meningkatkan daya tarik investasi daerah, terutama basis antarkota di Kalimantan, sehingga tercapai keserasian dan kolaborasi investasi, sinergi potensi antar daerah atau dengan pihak ketiga.

Fairid mengharapkan melalui strategi tersebut diharapkan bisa mengurangi kesenjangan dalam investasi, sehingga Kalimantan bisa maju secara bersama-sama seperti daerah lainnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan