Antisipasi Karhutla, Setiap Kelurahan Perlu APAR

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, memandang perlu agar setiap kelurahan di Kota Palangka Raya dapat memiliki alat pemadam api ringan (APAR), sebagai bagian upaya antisipasi karhutla maupun musibah kebakaran dilingkungan perumahan warga.

“Memang saat ini sudah ada tim serbu api kelurahan (TSAK) disetiap kelurahan, namun untuk APAR perlu dilengkapi lagi,” ungkapnya, Minggu (9/9/2018).

Lanjut Sigit, APAR memiliki fungsi sebagai upaya antisipasi dini bila terjadi karhutla atau peristiwa kebakaran.Terutama mencegah membesarnya api kecil menuju skala yang lebih besar.

“Baru-baru ini kami ada melakukan kegiatan reses di Kelurahan Tanjung Pinang. Disana sudah ada APAR termasuk personilnya. Nah ini sudah bagus,” jelasnya.

Adanya APAR kata Sigit, juga memiliki banyak fungsi, disamping sebagai sarana memadamkan api. Disisi lain juga  bisa digunakan untuk membasahi area pertanian yang sedang mengalami kekeringan.

Kedepan alangkah bagusnya, APAR ini selain perlu dimiliki setiap kelurahan yang ada di Kota Palangka Raya, disisi lain alat tersebut bisa juga dimiliki oleh instansi perkantoran, sekolah maupun swasta.

“Kapan perlu para pelaku usaha juga bisa mengadakan pembelian APAR, guna upaya antisipasi dini bila terjadi peristiwa kebakaran,” cetusnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan