Anomali Cuaca Sebabkan Wilayah Palangka Raya Sedikit Curah Hujan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Saat ini musim hujan di wilayah Kota Palangka Raya masih berlangsung. Namun sejak semingguan ini wilayah Kota Cantik Palangka Raya tidak diguyur hujan. 

Tidak adanya hujan di wilayah Palangka Raya ini rupanya ada anomali cuaca yakni pusat tekanan rendah di sekitar wilayah Australia dan Siklon Tropis di Samudera Hindia. 

Sedangkan di wilayah utara Indonesia dan sekitar Khatulistiwa/Equator termasuk wilayah Kalimantan tekanannya masih cukup tinggi, sehingga anginnya cenderung bertiup dari wilayah tekanan tinggi ke wilayah tekanan rendah. 

Kondisi inilah menurut Forecaster/Prakirawan Badan Metrologi, Klemoatologi, dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, Chandra Mukti Wijaya yang membuat wilayah Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir ini tidak ada hujan. 

Menurut Chandra, kondisi kelembapan udara yang cukup rendah sehingga menyebabkan kondisinya kering dan curah hujan berkurang. Meski begitu BMKG memperkirakan kondisi ini tidak akan berlangsung lama dan wilayah Palangka Raya akan diguyur hujan lagi. 

“Saat ini masih musim hujan. Memang dalam beberapa hari ini wilayah Kalimantan Tengah tidak terpantau hujan, karena ada anomali cuaca,” tulis Chandra melalui pesan WathsApp, Selasa (30/1/2018). 

Di sisi lain wilayah Palangka Raya terpantau hujan, Senin (29/1/2018) sore, namun intensitas curah hujan sangat ringan. Rintik hujan di wilayah Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya hanya berlangsung sekitar 15 menit, setelah itu reda dan hingga Selasa (30/1/2018) pukul 15.20 WIB kondisi cuaca cerah berawan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan