Anjab dan ABK Menjamin ASN Yang Profesional

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya mengikuti sosialisasi penyusunan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABN).

Sosialisasi yang dilaksanakan di Ruang Peteng Karuhei II ini dibuka oleh Pelaksana Tugas Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Murni, Rabu (3/10/2018).

Dalam sambutannya Murni mengatakan penyusunan Anjab dan ABK bukan hal baru, namun selalu menjadi masalah dalam pengimplementasiannya karena terbatasnya sumber daya aparatur yang menguasai kemampuan penyusunannya.

Padahal Anjab dan ABK merupakan bahan pertimbangan pejabat pembina kepegawaian melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Palangka Raya untuk menentukan kebijakan mutasi, distribusi dan penentuan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Murni menjelaskan penyusunan Anjab dan ABK pada hari ini adalah implementasi dari Peraturan Kepala BKN Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Penyusunan Kebutuhan Pegawai Negara dan Peraturan Kepala BKN Nomor 12 tentang Pedoman Pelaksanaan Analisis Jabatan.

“Perlu saya sampaikan di sini bahwa tujuan penyusunan Anjab dan ABK ini untuk menjamin objektivitas, transparansi, dan kesesuaian antara tuntutan tugas dalam jabatan dengan pegawai yang akan menduduki jabatan tersebut,” tuturnya.

“Kemudian untuk mewujudkan jumlah dan kualitas ASN yang sesuai dengan kebutuhan SOPD serta menjamin distribusi ASN yang profesional,” imbuh mantan Kepala Kominfo Kota Palangka Raya ini.

Dijelaskan sosialisasi ini juga memberikan manfaat sebagai bahan pertimbangan sesuai jabatan untuk penentuan kelas jabatan dalam tunjangan berbasis kinerja. Setiap PNS harus mencapai target kinerja yang telah ditentukan berdasarkan kelas jabatan yang ditempai.

“Saya berharap seluruh peserta sosialisasi bisa mengambil manfaat dalam kegiatan ini, sehingga dalam pelaksanaannya nanti Pemerintah Kota Palangka Raya telah mempunyai role model komposisi kebutuhan kompetensi teknis, manajerial, dan formasi pegawai yang tepat,” tandasnya. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan