Ancaman Kamtibmas, Harus di Deteksi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Seluruh komponen masyarakat serta instansi terkait diharapkan lebih mampu melakukan deteksi dini serta menanamkan kesiap- siagaan demi ketentraman serta  ketertiban umum di lingkungan masyarakat itu sendiri. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi berbagai bentuk gangguan atau potensi maupun indikasi yang merugikan bagi kehidupan bermasyarakat.

Ungkapan tersebut disampaikan Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio, saat menanggapi sejauhmana kondisi maupun situasi kamtibmas di Kota Palangka Raya saat ini.

“Ya, saya sudah katakan, bahwa deteksi dini itu merupakan bukti nyata komitmen Pemko Palangka Raya beserta masyarakat maupun unsur terkait dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya, Rabu (1/8/2018).

Seharusnya kata Mofit, pemerintah daerah memang memiliki kewajiban memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya di Palangka Raya. Yakni melalui antisipasi ancaman, hambatan, tantangan dan gangguan. 

Namun demikian, upaya menciptakan kondisi kondusif tersebut bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata, namun disisi lain, peran serta masyarakat bisa lebih optimal dalam berpartisipasi melakukan penanganan konflik sosial, yaitu dengan cara komprehensif, terkoordinasi dan terintegrasi. 

“Maka itu lakukan koordinasi dalam lingkungan masyarakat, sebagai upaya mencegah masalah yang mengarah pada indikasi gangguan kamtibmas,” tegas Mofit.

Dikatakan, selain aparat penegak internal, masyarakat juga dituntut mampu menjadi bagian dalam upaya peningkatan rasa aman dan nyaman di lingkungan masing-masing. “Harapan saya jadikan wilayah Palangka Raya tetap aman, tentram dan terkendali,” terangnya lagi.

Untuk itu, lanjut Mofit, kerjasama dan koordinasi erat menjadi fokus utama dalam deteksi dini sehingga bisa memberikan rasa aman bagi masyarakat maupun pihak lain.”Jadi sekali lagi, mari  sama-sama kita jaga kekondusifan ini. Saya yakin masyarakat bisa menjalankan hal ini,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan