Aksi Sapta Pesona Harus Didukung Masyarakat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Destinasi wisata di Kalteng sudah mulai dikembangkan secara bertahap. Tentu ini bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, dengan harapan Kalteng bisa menjadi salah satu daerah favorit kunjungan wisatawan nusantara ataupun mancanegara. Maka dari itu, tak hanya pemerintah daerah saja yang mengelola pariwisata, masyarakat pun diharapkan demikian.

Harapan tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalimantan Tengah (Kalteng), Guntur Talajan, pada pembukaan aksi sapta pesona di Dermaga Kereng Bangkirai, Kamis (26/7/2018).

Kata Guntur, selain promosi yang begitu besar yang dilakukan oleh pemerintah, tentunya juga harus ada kesiapan dari tempat destinasi wisata. Salah satunya dari sisi masyarakatnya.

“Hal kecil, seperti menjaga kondisi lingkungan di areal destinasi, sudah dianggap sebagai salah satu partisipasi masyarakat,” ucap Guntur.

Dikatakan adanya gerakan ‘Aksi Sapta Pesona’  yang digelar tersebut diharapkan dapat membawa perubahan perilaku masyarakat sehari-hari. Khususnya masyarakat di sekitar lokasi destinasi wisata, untuk bisa membantu pemerintah dalam menarik wisatawan. 

“Makanya ini juga yang sedang di dorong pemerintah, bagaimana keterlibatan masyarakat agar mampu membantu sekaligus menjadi tuan rumah yang baik,” tambah Guntur.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa upaya mendorong peran dan partisipasi masyarakat bukan berarti pemerintah tidak mampu bergerak sendiri, namun karena keberadaan destinasi wisata akan memberikan dampak besar dan masyarakat juga yang merasakannya.

“Kita akan tumbuhkan rasa memiliki. Dengan begitu, akan tercipta budaya sadar wisata dikalangan masyarakat,” imbuhnya.

Adapun kegiatan Aksi Sapta Pesona ini sendiri diikuti sekitar 200 orang peserta, yang berasal dari masyarakat sekitar Dermaga Kereng Bangkirai, kelompok sadar wisata, instansi terkait hingga melibatkan dunia pendidikan. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan