Akibat Aki Sering Dicuri, Traffic Light Gunakan Panel Surya dan Listrik PLN

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Eldy mengungkapkan, jika pihaknya saat ini mulai mengalihkan sumber tenaga rambu traffic light dari sebelumnya menggunakan daya aki, maka akan beralih ke panel surya dan jaringan PLN.

Penggunaan dua sumber tenaga untuk traffic light yang ada di Kota Cantik Palangka Raya itu kata Eldy, adalah sebagai upaya  mengatasi sering errornya sejumlah traffic light di beberapa ruas jalan, sehingga mengganggu kelancaran lalu lintas pengguna jalan. 

“Terlebih selama ini aki traffic light sering alami pencurian, sehingga  kami rasa traffic light  sudah mulai dialihkan keseluruhan menggunakan daya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dan jaringan listrik PLN,” ungkapnya, Kamis (21/2/2019).

Disebutkan Eldy, penggunaan tenaga aki untuk traffic light di Kota Palangka Raya selama ini kerap mengalami masalah. Disamping menjadi sasaran pencurian, disisi lain, harga aki itu terlalu mahal, hingga  Rp 3 Juta per buah. 

“Untuk memesannya pun harus didatangkan dari Kota Bandung. Itu juga memerlukan waktu tungu hingga dua bulan, sangat lama. Maka itulah kita sudah alihkan ke panel surya dan jaringan PLN,”terangnya.

Adapun disinggung kerap errornya traffic light selama ini, maka hal tersebut menurut Eldy lebih dikarenakan banyak faktor. Semisalkan tenaga listrik ke traffic light yang bermasalah, panel tenaga surya yang perlu perawatan, sering padamnya jaringan listrik PLN serta usia alat yang sudah tua.

“Bagi traffic light yang masih menggunakan tenaga aki. Nah, ketika  aki alat ini dicuri maka disitulah otomatis menjadi salah satu faktor errornya traffic light selama ini,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan