ADWINDO Dukung Destinasi Wisata Tanjung Puting Masuk 11 Bali Baru

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Senator (anggota DPD RI) yang juga Ketua Dewan Pembina Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo), Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna, menyatakan mendukung jika destinasi wisata yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah masuk menjadi 11 Bali baru di Indonesia.

“Ya, kita berharap usai pelaksanaan pemilu 2019 mendatang, sudah diumumkan terbentuknya daerah-daerah yang dinyatakan Bali Baru di Indonesia, dan destinasi wisata di Kalteng salah satunya. Kami dari Adwindo mendukung hal ini,” ungkap Arya Wedakarna saat menghadiri kegiatan seremoni pembukaan ajang Pemilihan Duta Wisata Indonesia ke-13 tingkat nasional yang berlangsung di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (21/11/2018), di Ballroom Swiss Belhotel Danum Palangka Raya.

Dikatakan, pemerintah melalui Kementrian Pariwisata sebelumnya memang telah menentukan terbentuknya 10 Bali Baru di Indonesia untuk target 15 juta wisatawan bisa berkunjung ke Indonesia.
Destinasi itu diantaranya, Tanjung Lesung, Tanjung Kelayang, Borobudur, Danau Toba, Bromo Tengger, Wakatobi, Labuan Bajo, Mandalika, Kepulauan Seribu dan Morotai. 

Pun demikian kata Arya destinasi Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Pangkalanbun,  Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah dalam perkembangannya  juga telah diusulkan sebagai Bali Baru ke 11. “Mudah-mudahan ini bisa terwujud,” harapnya.

Sebelumnya Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengungkapkan, Kalteng memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Salah satunya yang cukup terkenal hingga sampai mancanegara yakni TNTP di Kabupaten Kotawaringin Barat.

TNTP kata dia masih menjadi destinasi unggulan bagi Kalteng dalam menarik kunjungan wisata. Dimana kawasan itu selama ini sebagai kawasan konservasi yang mengemban fungsi perlindungan, pengawetan, pemanfaatan lestari sumberdaya alam. 

“TNTP sebagai tempat penyelamatan spesies unggulan tingkat dunia yakni  Orangutan serta pelestarian anggrek alam,” bebernya.

Selain TNTP tambah Fahrizal, masih banyak wisata lainnya di wilayah Kalteng yang menarik. Namun tinggal bagaimana mengemas dan mempromosikan ke luar daerah agar tamu wisatawan berminat untuk melihat secara langsung. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan