6 Orangutan Dilepasliarkan ke TNBBBR di Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Enam individu orangutan yang telah menyelesaikan proses rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng, Palangka Raya akan dilepasliarkan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan.

Pelepasliaran ini adalah yang ke-13 kali di TNBBR sejak Agustus 2016 dan ke-26 kali diselenggarakan oleh Program Reintroduksi Orangutan Yayasan BOS di Kalimantan Tengah sejak 2012.

Pelepasliaran orangutan yang bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, TNBBBR, dan USAID LESTARI ini untuk memperingati World Wildlife Conservation Day atau Hari Konservasi Satwa Liar Sedunia. 

Pelepasliaran ini menambah populasi orangutan yang dilepasliarkan Yayasan BOS di TNBBBR menjadi 112 individu. Ke-6 orangutan ini terdiri dari 2 jantan (Grendon dan Sepang) dan 4 betina (Mary, Ranger, Gaya, dan Ramin). 

Mereka akan dibawa dari Nyaru Menteng dalam perjalanan selama kurang lebih 10-12 jam menempuh jalur darat dan sungai ke titik yang telah ditentukan di TNBBBR, Rabu (5/12/2018).

Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS mengatakan sepanjang 2018 ini telah berhasil melepasliarkan 52 orangutan ke hutan di Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.

Adib Gunawan, Kepala BKSDA Kalimantan Tengah menambahkan selama 2 tahun bekerjasama dengan Yayasan BOS telah berhasil mengembalikan 106 (dengan hari ini menjadi 112) orangutan hasil rehabilitasi ke hutan TNBBBR Katingan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan