55 Kontingen KBN Pawai Karnaval Budaya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 55 kontingen peserta Kemah Budaya Nasional (KBN) ke-VIII mengikuti kegiatan pawai karnaval budaya di Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Jumat (21/7/2017).

Pawai budaya yang dimulai pukul 14.00 WIB mengambil rute Bundaran Besar – Jalan DI Panjaitan – Jalan S Parman – Jalan Ahmad Yani dan finish di lapangan Sanaman Mantikei, kemudian berkumpul untuk mengikuti upacara penutupan KBN pukul 17.00 WIB.

Ke-55 kontingen KBN ini berasal dari 34 provinsi, perwakilan dari Vietnam, Kwarda Provinsi Kalimantan Tengah, 14 Karcab kabupaten dan kota serta 5 Ranting Pramuka.

Rupanya kegiatan pawai budaya yang dilaksanakan para  Pramuka penggalang terbaik dari seluruh Indonesia ini juga menyedot perhatian dari warga Kota Cantik Palangka Raya.

Karena banyaknya warga yang menonton pawai budaya ini mengakibatkan jalur lalu lintas dari Tjilik Riwut ke Bundaran Besar dan dari Imam Bonjol ke Bundaran Besar serta dari DI Panjaitan ke Bundaran Besar ditutup sementara.

Secara simbolis tanpa acara penyampaian sambutan, pelepasan peserta pawai budaya ini dilakukan oleh Wakil Walikota Palangka Raya Mofit Saptono dan dihadiri beberapa kepala dinas.

Hadir pula Dirjen Sejarah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Triana Wulandari dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan.

Pawai para Pramuka penggalang atau setingkat SMP ini cukup menarik, karena selain mengenakan baju khas daerahnya mereka juga menampilkan tarian khas daerahnya masing- masing.

Dari 55 kontingen ini ada pula yang melakukan atraksi seni di depan wakil walikota, para pejabat, dan Kwarnas sesaat sebelum meninggalkan Bundaran Besar untuk meneruskan pawai hingga finis ke Lapangan Sanaman Mantikei. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan