500 Sekat Kanal Ideal di Bangun di Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Supriyanto, melalui Kabid Penanggulangan Bencana Henora Koffeno, mengatakan, berdasarkan perhitungan dari Badan Restorasi Gambut (BRG) pusat, maka idealnya untuk Kota Palangka Raya perlu dibangun 500 sekat kanal. Hal itu dikarenakan Kota Palangka Raya dinilai rawan terjadinya potensi karhutla.

Kata Koffeno, ditahun lalu,  sekat kanal dan embung telah selesai dibangun pada sejumlah titik di beberapa kelurahan di Palangka Raya. 

“Kita berharap di tahun ini Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya bisa mendapatkan bantuan dana untuk pembangunan sekat kanal dan embung ini,” ucapnya lagi.

Terlebih tambah dia, prediksi di tahun ini cuaca ekstrim dan musim kemarau akan lebih panjang dari tahun sebelumnya. Maka itu dari sekarang sudah dilakukan persiapan-persiapan untuk pencegahan karhutla. 

Oleh karena itulah keberadaan sekat kanal salah satu yang perlu dipersiapkan, mengingat prinsip kerja dari sekat kanal ini sangat baik karena mampu membuat daerah-daerah dapat menahan air dan membuat kondisi lahan gambut terus lembab dan basah. Sehingga di saat musim kemarau tidak begitu kering sama sekali.

“Wilayah Palangka Raya gambutnya cukup luas maka salah satu cara adalah sekat kanal ini perlu dibangun,” cetus Koffeno.

Selama ini tambah dia,  Kalteng, termasuk Kota Palangka Raya telah menjadi sorotan nasional maupun internasional sebagai penghasil asap terbesar. Seperti saat kejadian karhutla 2015 lalu, maka itu diharapkan hal tersebut tidak terulang lagi. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan