47 ASN Ikuti Pelatihan Pengelolaan Domain Website

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Domain dan Subdomain palangkaraya.go.id Selasa (25/7/2017).

Bimtek yang mengambil tempat di aula kantor Bappeda Kota Palangka Raya Jalan Tjilik Riwut Km 5 ini dibuka oleh Asisten I Sulaksmi mewakili Walikota Palangka Raya HM Riban Satia.

Dalam laporannya Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya Murni menyampaikan tujuan diadakan Bimtek untuk mendidik dan melatih sumber daya manusia (SDM) admin operator SKPD menuju penerapan e-goverment.

Selain itu untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat, mengolah, menyalurkan, dan mendistribusikan informasi bidang pemerintahan ke publik melalui website.

Sementara itu peserta Bimtek berjumlah 47 orang dari awal yang ditarget 35 orang. Banyaknya peserta ini menurut Murni merupakan respon positif terhadap penyelenggaraan Bimtek Pengelolaan Domain dan Subdomain palangkaraya.go.id.

Dalam Bimtek ini menghadirkan empat nara sumber dari DKISP yakni Saptonugroho, Slamet Setiawan, Julian Fitrahadi, dan Andika Afriadhy. Ke-4 nara sumber ini merupakan ASN yang berlatar belakang IT.

Dijelaskan, seiring kemajuan teknologi informasi (IT) saat ini sebuah instansi pemerintah wajib hukumnya untuk membuat website sebagai wujud implementasi UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Rupanya hadirnya UU Keterbukaan Informasi Publik ini sudah direspon positif oleh jajaran Pemerintah Kota Palangka Raya. Buktinya dari 32 SKPD sudah ada 22 SKPD yang aktif mengelola website.

Khusus untuk kecamatan sudah ada dua website dari total lima kecamatan dan lima kelurahan dari total 30 kelurahan. Maka dari itu melalui Bimtek ini pihak DKISP mengharapkan bagi SKPD yang belum membuat website untuk segera membuatnya.

Sementara itu dalam sambutannya Asisten I Setda Kota Palangka Raya, Sulaksmi mengucapkan terima kasih kepada peserta, karena di tengah kesibukannya menjalan tugas kedinasan masih bisa mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama tiga hari.

Sulaksmi menjelaskan di era serba maju saat ini sebuah SKPD sangat penting untuk memiliki webiste, karena manfaatnya bisa digunakan untuk menyebarkan informasi sekaligus untuk menarik investasi.

Maka dari itu melalui Bimtek ini asisten I mengharapkan SKPD bisa membuat website dengan tampilan bagus dan menarik, sehingga bisa menarik banyak pembaca.

Dalam kesempatan ini SKPD diminta menganggarkan dana untuk mengelola web. Anggaran itu untuk memberikan tunjangan kepada pengelola website. Dengan demikian keberadaan website memberikan informasi yang selalu update atau terkini. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan