40 Guru Dari Empat Sekolah Imbas Ikuti In House Training

MEDIA CENTER, Palangka Raya – SMAN 5 Palangka Raya kembali menggelar lanjutan In House Training (IHT) dalam program sekolah rujukan kepada empat sekolah imbas Sabtu, 11 Agustus 2018. 

Kurang lebih 40 guru, termasuk guru dari SMAN 6 Palangka Raya, SMAN 10 Palangka Raya, SMA PGRI 2 Palangka Raya, dan SMA NU Palangka Raya mengikuti kegiatan yang bertema ‘Mengembangkan RPP Berbasis Keterampilan Abad 21’. 

Arbusin Kepala SMAN 5 Palangka Raya, mengajak para guru agar selalu merencanakan kegiatan pembelajaran secara sistematis sesuai panduan implementasi kurikulum 13 (K-13) agar keberhasilan pembelajaran bisa terwujud.

“Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ini sangat penting agar kita bisa menyelenggarakan pembelajaran yang sistematis, terencana, dan terstruktur. RPP harus bisa dilaksana dengan baik agar siswa bisa belajar maksimal untuk meraih keterampilan 4C abad 21 yakni mampu berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creative), komunikatif (communicative), dan kolaboratif (colaborative),” jelasnya.

Sesi kegiatan diisi dengan paparan dan diskusi. Dalam IHT ini mneghadirkan nara Yovie Istanto, M.Pd dan Adriansyah M.Pd dari provinsi Kalimantan Tengah.

“Keselarasan kurikulum berarti kesesuaian antara kompetensi dalam kurikulum dengan materi yang dipelajari siswa dan penilaian hasil pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menetapkan materi yang harus dipelajari, waktu yang ditentukan. Tujuan, materi, pembelajaran, dan penilaian harus selaras dan bisa memberikan umpan balik,” tutur Yovie.

Kemudian Adriansyah menekankan pentingnya guru memastikan bahwa kurikulum 2013 terlaksana dalam kegiatan pembelajaran di kelas atau ruang pembelajaran. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan