3.800 Keping KIA Telah Dicetak Disdukcapil Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sejak di launchingnya program kartu identitas anak (KIA) 19 Maret 2018 yang lalu, Disdukcapil Palangka Raya telah mencetak sebanyak 3.800 keping KIA. Dan hingga saat ini proses permohonan pembuatan maupun pencetakan KIA tersebut terus berjalan.

Kabid Pengelolaan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Palangka Raya, Lukmanul Hakim mengatakan, animo masyarakat cukup tinggi untuk membuat  kartu KIA sebagai identitas diri anak-anaknya.

“Dalam sehari, Disdukcapil minimal melayani sebanyak 50 permohonan masyarakat untuk pembuatan KIA. Kartu KIA ini penting selain akta kelahiran yang dimiliki anak,” ungkapnya, Kamis (17/5/2018).

Menurut Lukman, adanya program KIA tersebut sejalan dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) no 02 tahun 2016, yang mewajibkan setiap anak dibawah 17 tahun harus memiliki KIA.

“Ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam mendata penduduk sejak lahir sampai pada saatnya wajib memiliki kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP),”jelasnya lagi.

Saat ini lanjut Lukman, blanko KIA masih ada sebanyak 6.000, jika nanti kurang maka akan dianggarkan  penambahan blankonya lagi.

Untuk membuat KIA tersebut masyarakat bisa langsung datang ke kantor Dukcapil, lalu mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan lampiran untuk persyaratan, seperti akta kelahiran anak, kartu keluarga (KK) dan pas foto 3X4 bagi anak di atas usia lima tahun. Bila di atas 17 tahun, maka si anak sudah diwajibkan memiliki e-KTP.

“Kartu KIA ini hampir mirip dengan e-KTP, hanya saja perbedaan secara fisik kartu ini didesain menonjolkan warna  pink. Melalui KIA, diharapkan administrasi kependudukan di Kota Palangka Raya berjalan dengan lebih baik lagi,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan