244 Kepala Sekolah Hadiri Pertemuan Lintas Sektor Bahas Kantin Sehat

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya mengadakan pertemuan lintas sektor kepada para guru dan fasilitator bidang pangan, Selasa (22/8/2017).

Pertemuan diadakan di Hotel Luwansa yang diikuti 244 kepala sekolah mulai SD-SMA dan 25 fasilitator ini dalam rangka kegiatan konsumsi pangan aman melalui kantin sehat.

Dalam pertemuan yang dibuka Wakil Walikota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio ini juga dihadiri pejabat dari dinas pendidikan, dinas kesehatan, dan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Dalam sambutannya wakil walikota menekankan pentingnya pihak sekolah menyediakan kantin sehat. Dimana semua makanan yang disediakan atau dijual harus dalam keadaan sehat bagi tubuh.

“Mengonsumsi makanan sehat merupakan suatu keharusan bagi anak dalam masa pertumbuhan, sehingga makanan sehat yang mengandung gizi sangat diperlukan tubuh,” ucapnya.

Mofit mengapresiasi sekali apa yang telah dilakukan BPOM ini dalam rangka memberikan pemahaman mengenai makanan sehat yang wajib disediakan oleh kantin sehat di sekolah.

Apa yang dilakukan BPOM ini menurut Mofit merupakan bentuk kepeduliannya dalam memperhatikan kesehatan terhadap generasi penerus bangsa yang sedang tumbuh kembang.

Belum lama ini pemerintah telah meluncurkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang mengedepankan upaya promotif dan preventif dengan melibatkan seluruh komponen dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Diakui Mofit, khusus untuk lingkungan sekolah, maka peran kantin sanagt penting untuk menyediakan panganan aman. Di sisi lain saat ini masih banyak kantin sekolah yang menyediakan jajanan tanpa mempertimbangkan resiko kesehatan yang bisa timbul terhadap anak didik.

Maka dari itu dia mengimbau kepada komunitas sekolah, terutama peserta didik lebih selektif lagi memilih jajanan yang sehat. Para orangtua dan guru juga dihimbau memberikan pengetahuan kepada anak-anak untuk memilih jajanan yang sehat saat di kantin sekolah. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan