22 SMP Sederajat di Palangka Raya Siap Laksanakan UNBK

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan memastikan ada 22 sekolah tingkat SMP/MTS/MTS di Kota Palangka Raya yang siap melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di tahun 2018 ini.

‘Bila tahun lalu hanya tujuh SMP/MTS/MTS yang mampu menggelar UNBK. Tahun 2018 ini meningkat tajam menjadi  22 sekolah ,”ungkapnya, Senin (27/3/2018).

Disebutkan, dari 22 sekolah yang akan melaksanakan UNBK itu setidaknya akan diikuti sebanyak 2.400 lebih siswa. “Ya, ini langkah maju adanya peningkatan sekolah yang siap menggelar UNBK pada 9 April mendatang ,”ucap Sahdin.

Namun, terlepas dari capaian itu lanjut dia,  maka masih banyak sekolah-sekolah yang  belum mampu melaksanakan UNBK. Alasan mendasar, jauhnya lokasi sekolah serta belum optimalnya jaringan internet maupun perlengkapan komputer, sehingga siswanya masih harus mengikuti ujian secara manual.

“Bila dirincikan setidaknya sebanyak 1.800 lebih siswa dari puluhan sekolah yang masih harus melaksanakan ujian dengan sistem lama. Terutama sekolah-sekolah yang lokasinya jauh, seperti di Kecamatan Rakumpit dan Sebangau,”sebutnya.

Kedepan kata Sahdin, Disdik tetap  memonitoring kesulitan sekolah yang belum mampu melaksanakan UNBK. Terutama bagaimana kedepan  infrastruktur penunjang yang mesti dipersiapkan.

Sementara tambah Sahdin, hal yang berkaitan dengan kesiapan sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut belum ada kendala berarti, tidak ada kendala. “Disdik sudah berkoordinasi dengan PLN dan operator. supaya lokasi yang dilaksanakan UNBK tidak ada pemadaman listrik. Kami selalu memonitoring,”bebernya. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan