20.989 Murid SD di Palangka Raya Ikuti Ujian Sekolah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebanyak 20.989 murid SD, dari sejumlah 117 sekolah dasar se Kota Palangka Raya mengikuti ulangan semester (US) Genap Tahun Ajaran 2017/2018. di hari pertama masuk sekolah setelah libur panjang. 

“Secara umum pelaksanaan US tingkat SD/MI se Kota Palangka Raya, berjalan lancar. Kita juga sudah menerima informasi dari peninjauan pihak Disdik kota ke beberapa sekolah tingkat dasar lainnya. Semua berjalan dengan baik,”ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan usai melakukan peninjauan pelaksanaan US tersebut kebeberapa sekolah dasar, Kamis (21/6/2018).

Dikatakan, lancarnya pelaksanaan US ini tak luput dari peran dari guru-guru setiap sekolah. Dimana dengan adanya libur panjang yang diberikan kepada murid-murid ini, cukup memiliki waktu belajar dan persiapan mengikuti US.

“Jauh-jauh hari para guru-guru ini sudah memberitahukan US ini. Termasuk persiapan soal-soal untuk US. Sehingga murid-muridpun dapat menyelesaikan dengan benar,” bebernya.

Menurut Sahdin, berdasarkan kalender pendidikan yang telah disusun pihaknya dimana US ini berlangsung selama sepekan. Yang berakhir ditanggal 26 Juni mendatang, dan kemudian dilanjutkan pembagian raport ditanggal 30 Juni.

“Hampir tidak ada jedahnya, karena selanjutnya akan ada penerimaan murid baru 2018/2019 nantinya, sehingga dengan libur yang panjang kemarin waktunya bekerja seperti biasa lagi,” tegasnya.

Sementara itu Kasi Kurikulum dan Penilaian Rachmad Winarso menjelaskan, berdasarkan data mereka jumlah SD ada 117 sekolah, yang terdiri dari SD negeri dan swasta. Sementara dalam pelaksanaan US kali ini ada beberapa sekolah yang menggunakan K-13 dan masih menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) 2006.

“Dari kelas 1-5 jumlah murid yang mengikuti US ini berjumlah 20.989 orang, dari 117 SD negeri dan swasta. Dan ada sekitar 89 sekolah yang sudah menggunakan K-13 dan sebagiannya masih gunakan KTSP 2006,” bebernya.

Adapun dalam peninjauan Kadisidik Kota Palangka Raya dihari pertama US tersebut, menyasar pada dua sekolah, yakni SD Negeri-6  Bukit Tunggal dan SD Negeri 1 Bukit Tunggal. (MC. Isen Mulang.1/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan