115 Anak Sapi Lahir Dari Program Kawin Suntik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Program kawin suntik atau inseminasi buatan yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya sukses.

Dari Januari-Juli 2018 sudah ada 115 anak sapi lahir “ke dunia” dari program kawin suntik. Angka ini sudah tercapai 47 persen dari target 246 anak sapi.

Kepala Bidang Kelahiran dan Produksi Ternak pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertaniaan Kota Palangka Raya, Sugiyanto mengaku optimistis target 246 ekor anak sapi ini akan bisa dicapai hingga akhir Desember 2018.

Untuk merealisasikan target maka tahun ini dinasnya menargetkan akan melakukan kawin suntik terhadap 440 ekor sapi indukan. Dari target dari Januari-Juli 2018 realisasi sapi yang sudah dikawin suntik baru sekitar 172 ekor sapi.

Hasil dari program kawin suntik dari Januari-Juli 2018 sebanyak 129 ekor, sedangkan tidak bunting 68 ekor, sehingga harus dilakukan dikawin suntik ulang.

Sugiyanto menjelaskan tujuan program kawin suntik ini untuk membantu para peternak agar sapi-sapinya cepat berkembang biak, sehingga diharapkan Kota Palangka Raya bisa swasembada daging sapi.

Sebab selama ini kebutuhan daging sapi di Kota Palangka Raya masih disuplai dari Kabupaten Pulang Pisau, NTB, dan Sulawesi. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan