10 Sekolah Dapat Penghargaan Bintang Keamanan Pangan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Keberadaan kantin sekolah di Kota Palangka Raya ternyata dinilai Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya.

Penilaian mencakup prinsip dasar keamanan pangan seperti higenis, pengelolaan pangan, penanganan dan penyimpanan pangan, pengendalian hama, sanitasi tempat, dan peralatan.

Bagi sekolah yang memiliki kantin sesuai dengan prinsip tersebut penghargaan pun bakal diterima. Sebagai bukti, 10 sekolah mulai tingkat SD hingga SMA menerima penghargaan bintang keamanan pangan.

Sepuluh sekolah itu adalah MTsN 1 Palangka Raya, MIN 2, SDN 7 Panarung, SD Katolik, SDN 8 Langkai, SMPN 1 dan SDN Percobaan. Kemudian SMAN 1 Palangka Raya, SMKN 3 Palangka Raya, dan SMA Muhammadiyah Palangka Raya.

Penghargaan sekaligus penerimaan plakat dan poster ini diberikan di halaman Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya, Selasa (19/12/2017).

Penyerahan penghargaan ini dilakukan oleh Kepala BPOM Palangka Raya Trikoranti Mustikawati, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya Sahdin Hasan, dan Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Endang.

Rahmani, salah satu perwakilan dari MIN 2 Kota Palangka Raya mengatakan sebelumnya BPOM telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan.

“Kemudian juga memberikan kuisioner kepada pengelola kantin dan dijawab satu persatu. Selanjutnya kita bisa menerima penghargaan,” katanya.

Untuk mempertahankan kantin tetap higenis dan memenuhi syarat makanan sesuai yang disampaikan BPOM, pihaknya akan bersinergi dengan pengelola kantin, sehingga anak-anak sekolah tetap sehat dengan mengonsumsi makanan di kantin.

Sementara itu Kepala BPOM Kota Palangka Raya Trikoranti Mustikawati mengatakan sangat mengapresiasi sekolah yang menerapkan keamanan pangan melalui kantin.

Ia berharap ini terus dipertahankan dan ditingkatkan serta dapat menjadi contoh untuk sekolah lain guna menerapkan prinsip dasar keamanan pangan. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan