10 Orangutan Dilepasliarkan ke TN-BBBR Dimomen Peringatan HUT RI

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng Palangka Raya bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Tengah, Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), dan USAID LESTARI melepasliarkan 10 individu orangutan, Selasa (14/8/2018).

Ke-10 orangutan ini dilepasliarkan ke hutan alami di TNBBBR, Kabupaten Katingan. Pelepasliaran ini akan menambah populasi orangutan hasil rehabilitasi yang dilepasliarkan di TNBBBR menjadi 102 individu sejak Agustus 2016. 

Ke-10 orangutan yang dilepasliarkan ini terdiri dari 3 jantan dan 7 betina dalam rentang usia 13-16 tahun. Mereka dibawa dalam perjalanan menempuh jalur darat dan sungai yang memakan waktu kurang lebih 10-12 jam dari Nyaru Menteng ke TNBBBR.

Wiratno, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup yang diwakili Puja Utama, Kepala Subdit Pengawetan Jenis mengatakan pelestarian satwa dilindungi ini bisa berhasil bila semua pihak bekerjasama. 

“Data Ditjen KSDAE memperlihatkan lebih dari 50% populasi satwa tidak berada di dalam kawasan konservasi, tapi berada di kawasan hutan produksi, hutan lindung bahkan di areal penggunaan lain (APL). Sehingga upaya perlindungan terhadap kelestarian satwa ini menjadi sangat penting untuk dilaksanakan oleh berbagai pemangku kepentingan,” katanya.

Ke depan diharapkan orangutan yang berada di luar kawasan konservasi bisa terlindungi seperti halnya orangutan yang ada di dalam kawasan konservasi. (MC. Isen Mulang/engga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan