10 Kelurahan Menjadi Lokus Germas Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Sebagai implementasi pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Kesehatan telah membentuk Lokus (Lokasi Fokus) Germas di tingkat kelurahan.

Hingga saat ini ada 10 Lokus Germas di wilayah kerja puskesmas yang telah dibina dan telah melaksanakan kegiatan Germas. Masing-masing lokus Germas memiliki inovasi cara mengajak masyarakat berperilaku sehat melalui program-programnya.

“Kota Palangka Raya saat ini memiliki 10 Lokus Germas yang telah mendapat pembinaan dan telah melaksanakan kegiatan Germas,” ucap Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat melaunching Inovasi Lokus Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kota Palangka Raya dan Deklarasi Kelurahan Open Defecation Free (ODF) tahun 2022 di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jumat (18/11/2022).

Adapun 10 Lokus tersebut lanjut Hera, di antaranya Lokus Kelurahan Menteng, Kereng Bangkirai, Habaring Hurung, Tumbang Rungan, dan Palangka. Selanjutnya, Lokus Kelurahan Panarung, Kalampangan, Bukit Tunggal, Tanjung Pinang dan Kelurahan Petuk Katimpun.

Inovasi Lokus Germas dilakukan sebagai usaha kepekaan pemerintah dalam hal ini Kelurahan dan Puskesmas sebagai perpanjangan Pemerintah Kota Palangka Raya bekerjasama dengan lintas sektor untuk mengidentifikasi permasalahan kesehatan masyarakat yang ada di wilayahnya masing – masing.

“Saya mengajak seluruh Perangkat Daerah serta lintas sektor terkait yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Forkom Germas) Kota Palangka Raya untuk terlibat aktif dalam menggerakkan masyarakat agar berperilaku hidup bersih serta menjadi garda terdepan dalam menerapkan perilaku hidup bersih sehingga menjadi budaya di masyarakat Kota Palangka Raya,” pungkasnya. (MC Isen Mulang/ndk)

0 tanggapan

Beri Komentar

Ingin memberikan tanggapan?
Jangan Sungkan!

Tinggalkan Balasan